Penyebab-Penyebab Ayam Aduan Kurus

Penyebab-Penyebab-Ayam-Aduan-Kurus

Dalam berternak ayam aduan terkadang memang ada banyak sekali masalah yang harus dilalui. Permasalahan ayam aduan kurus memang kerap kali terjadi. Hal ini pasti membuat peternak merasa kewalahan dan kebingungan.

Ayam aduan sebagai ayam yang sering di adu dituntut mempunyai bentuk tubuh yang besar dan kekar. Dengan postur yang sesuai ayam dapat bergerak leluasa saat bertanding di arena. Ayam aduan yang terlalu kurus tentu tidak mampu menahan serangan musuh yang terkadanag bisa sangat kuat.

Ayam aduan yang kurus biasa dikarenakan beberapa faktor. Jadi untuk mengatasi masalah tersebut kita wajib tahu apa penyebabnya terlebih dahulu. Berikut beberapa Penyebab-Penyebab Ayam Aduan Kurus :

  • Makanan Tidak Sesuai
    Makanan yang tidak sesuai juga bisa menjadi salah satu fakor ayam aduan anda kurus. Ayam aduan berbeda dengan jenis ayam biasa, ayam aduan memerlukan pakan makanan yang bermutu tinggi dan lenkap gizinya. Ayam aduan membutuhkan pakan yang bergizi agar ketika bertarung bisa bertahan dalam waktu lama. Pakan sangatlah penting dan harus benar-benar diperhatikan gizinya.
  • Darah Keturunan
    Pada dasarnya setiap jenis ayam mempunyai ukuran yang berbeda faktor keturunan juga sangat penting sebagai penentu postur tubuh ayam aduan, Jadi mungkin ini juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Sebaiknya pilih indukan yang sesuai ketika ingin mengawinkan ayam aduab supaya mendapatkan hasil yang bagus.
  • Penyakit Cacingan
    Penyakit cacingan adalah salah satu penyebab kenapa ayam aduan menjadi kurus. Penyakit cacingan ini penyakit yang mengganggu sistem kerja pencernaan, makanan yang dikonsumsi oleh ayam tidak akan dapat diserap sempurna oleh tubuh. Jadi tidak heran bila ayam terinfeksi penyakit ini akan kurus.
  • Ayam Mengalami Cidera
    Penyebab yang terakhir kenapa ayam aduan kurus adalah dikarenakan ayam pernah mengalami cedera. Anak ayam yang sewaktu kecil pernah terluka atau pernah patah tulang, pasti akan berakibat ayam tidak bisa tumbuh dengan optimal dan ketika dewasa ukuran ayam tidak banyak bertambah.

Para penghoby ayam aduan sekalian pasti pernah mengalami masalah ayam aduan kurus. Untuk mengobati ayam diharapkan anda harus memahami dulu permasalahannya agar ayam tidak mendapatkan pengobaan yang salah.