Cara Merawat Anakan Ayam Aduan Agar Cepat Tumbuh

Cara-Merawat-Anakan-Ayam-Aduan-Agar-Cepat-Tumbuh

Dalam merawat anak ayam aduan yang baru menetas ada beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan dan lakukan. Pada masa awal adalah seorang peternak haruslah teliti dan jangan melakukan kesalahan dalam proses pemeliharaan karena dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan anakan ayam.

Tujuan utama dari perawatan adalah anak ayam dapat cepat tumbuh besar dan mencapai ukuran yang ideal. Beberapa poin penting yang sebaiknya di perhatikan adalah kadang ayam, pakan, vaksin serta teknik perawatan yang baik dan benar.

Merawat Anak Ayam pada tahap ini sebaiknya jangan dianggap remeh, karena anak ayam sangat memerlukan perhatian khusus karena rentan terhadap penyakit dan kematian. Berikut ini adalah Cara Merawat Anakan Ayam Aduan Agar Cepat Tumbuh :

  • Pisahkan Anak Dari Induknya
    Pastikan anak ayam langsung dipisahkan dari induknya saat baru menetas. Karena kalau terlalu lama bersama sang induk dan kemudian anak dipisahkan maka bisa menyebabkan indukan ayam menjadi stres.
  • Kandang
    Hal penting ketika membuat kandang untuk anak ayam adalah kebersihan, kenyamanan dan hangat. Kandang untuk anakan ayam biasa disebut dengan kandang bok.
  • Berikan Lampu
    Gunakan lampu pijar 5-10 watt untuk penerangan dan penghangat kandang. Perhatikan juga jarak antara ayam dengan lamp agar anak ayam bisa mengkonsumsi makanan dan minuman ketika malam hari. Dengan begitu anakan ayam akan lebih cepat besar dibandingkan anak ayam yang hanya aktif di siang hari.
  • Makanan
    Untuk anakan ayam sebaiknya berikan pakan dengan tekstur yang lunak antaralain seperti voor, nasi dan dedak. Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah berikan asupan vitamin seperti minyak ikan dan vit B komplek.
  • Asupan Gizi
    Berikan asupan gizi yang cukup kepada anak ayam berupa pakan, minuman berkualitas, asupan vitamin dan vaksin serta berikan obat pencegahan penyakit seperti anti snot atau bubuk tetra.

Memang tidak gampang untuk membentuk ayam aduan yang berkualitas, salah satu faktor yang paling menentukan kualitas ayam adalah pola perawatan anak ayam saat baru menetas. Dalam hal ini pastinya semua peternak selalu berharap ayam peliharaan bisa cepat besar dengan perawatan yang baik tentunya akan mendapatkan hasil yang terbaik juga.