Manfaat Kunyit Untuk Ayam Aduan

Manfaat-Kunyit-Untuk-Ayam-Aduan

Kunyit merupakan tanaman herbal yang berasal dari Indonesia, tanaman ini begitu identik dengan bumbu masakan dan ramuan herbal. Tapi tahukah anda ternyata kunyit bermanfaat juga untuk ayam aduan mulai dari menjaga kesehatan hingga meningkatkan kualitas ayam aduan.

Pemberian kunyit pada ayam aduan sudah banyak dilakukan oleh para pencinta ayam guna menjadikan ayam jago mereka menjadi perkasa. Pemberian kunyit terhadap ayam aduan tentu mempunyai cara yang beragam seperti diberikan dalam bentuk jamu, bubuk, dan secara langsung kepada ayam. Beberapa Manfaat Kunyit Untuk Ayam Aduan diantaranya adalah :

  • Meningkatkan Nafsu Makan
    Nafsu makan sering menjadi hambatan ayam sehingga menjadikannya kurang sehat dan mudah terserang penyakit. Pemberian kunyit pada ayam aduan dapat meningkatkan nafsu makan serta mengobati penyakit cacingan yang menjadi penyebab.
  • Penambah Stamina
    Ayam aduan harus memiliki stamina yang bagus agar bisa bertanding dalam waktu yang lama. Anda hanya perlu menggunakan air kunyit kemudian ditambah dengan kuning telur atau madu agar ayam memiliki stamina yang kuat.
  • Antibiotik Alami
    Penggunaan antibiotik alami pastilah akan jauh lebih baik dan lebih aman jika dibandingkan dengan obat kimia. Dalam hal ini manfaat kunyit sangat ampuh untuk dijadikan antibiotik alami.
  • Mencegah Pembekuan Darah
    Beberapa permasalahan yang disebabkan akibat pembekuan darah diantaranya ialah turun urat, kelumpuhan, dan penyakit step. Dengan pemberian kunyit pada ayam aduan dapat mengurangi resiko terjadinya pembekuan darah pada ayam.
  • Mempercepat Penyembuhan
    Kunyit merupakan tanaman yang banyak mengandung zat antibakteri yang baik digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka luar. Dengan mengoleskan kunyit pada luka saja akan membuatnya cepat kering dan terhindar dari infeksi bakteri.
  • Mengeraskan Kaki
    Poin penting kekuatan ayam aduan terletak pada kaki mulai dari bentuk, sisik dan jalu ayam. Mengoleskan parutan kunyit secara rutin pada kaki dan jalu ayam dapat membuatnya jauh lebih keras.

Kita semua tentu berharap untuk memiliki ayam aduan yang berkualitas, maka dari itu perawatan dan latihan memang sangat penting untuk mendapatkan hasil. Sekian pembahasan Manfaat Kunyit Untuk Ayam Aduan semoga bermanfaat untuk para pecinta ayam aduan.