Jenis-Jenis Ayam Bangkok Berdasarkan Ciri Warna Bulu

Jenis-Jenis-Ayam-Bangkok-Berdasarkan-Ciri-Warna-Bulu

Ayam Bangkok adalah jenis ayam yang sudah mendunia dan sudah sangat terkenal terlebih lagi bagi penghobi yang memelihara ayam atau gemar adu ayam pastilah sudah sangat mengenal ayam jenis ini. Jenis ayam ini juga dikenal sebagai ayam jagoan karena memiliki sejumlah keunggulan dibanding ayam jenis lain. Ayam ini memiliki postur tubuh yang besar, gagah, sifat pantang menyerah dan tangguh.Banyak juga para pecinta ayam menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Dikarenakan dalam perawatan ayam Bangkok tidaklah susah.

Sesuai dengan nama jenisnya, ayam bangkok merupakan jenis ayam asli dari Thailand. Namun ayam ini bukan merupakan ayam ras asli yang ditemukan di alam liar. Kehadiran ayam ini sebetulnya bermula dari upaya warga setempat yang menemukan jenis ayam aduan baru yang kemudian diberi nama King’s Chicken.

Dikarena memiliki gerak yang cepat dan kekuatan besar ketika bertarung, para pedagang yang berasal dari China yang berada di Negeri Gajah Putih ini pun tertarik dengan ayam aduan tersebut. Bahkan, warga China menjuluki ayam tersebut dengan sebutan Leung Hang Zhao. Ayam ini selanjutnya terkenal pada masanya hingga ke Negeri Tirai Bambu.

Sedangkan di Indonesia sendiri ayam Bangkok pertama kali dikenal di Jawa Timur kota Tuban. Ayam jenis ini begitu perkasa sehingga mulai diminati sebagian besar masyarakat Indonesia yang hobi memelihara ayam maupun adu ayam. Ayam Bangkok di Indonesia juga seringkali dikawin-silangkan guna mendapatkan bibit ayam berkualitas unggulan. Inilah yang bikin ayam Bangkok di Indonesia terkadang memiliki penampilan yang berbeda dengan ayam Bangkok asli Thailand.

Meskipun memiliki penampilan yang berbeda, ayam Bangkok di Indonesia juga gak kalah jago. Saat di dalam arena sabung ayam, pukulan ayam Bangkok ini cukup mematikan lawan. Itulah kenapa ayam Bangkok sangat banyak di sukai para pencintanya di seluruh Indonesia.

Dengan banyaknya perkawinan-silang ayam Bangkok untuk memperoleh jenis unggul, tentunya akan menghasilkan jenis aym bangkok yang berbeda pula. Berikut ini beberapa Jenis-Jenis Ayam Bangkok Berdasarkan Ciri Warna Bulu :

  • Jenis Ayam Bangkok Klawu, Jragem, dan Putih.
    Ayam Bangkok Klawu memiliki warna dasar hitam pada bulunya dengan campuran warna abu-abu, merah, maupun kuning gading.
  • Jenis Ayam Bangkok Wiring
    Wiring juga memiliki warna dasar hitam, warna bulu rawis kemerahan, ekor kuning kemerahan.
  • Jenis Ayam Bangkok Jali
    Disebut juga dengan Ayam Blirik karena bulunya yang berbintik-bintik dengan warna putih, hitam, dan merah.
  • Jenis Ayam Bangkok Wangkas
    Warna dasar dari ayam ini kuning kemerahan atau keemasan dari tubuh hingga rawisnya.
  • Jenis Ayam Bangkok Blorok
    Untuk jenis ayam ini hampir mirip dengan jenis Jali. Kalau Jali punya corak bintik-bintik rapi, Ayam Bangkok Blorok justru mengarah ke corak totol-totol dengan dominasi warna putih. Untuk Ayam Bangkok Blorok terbagi lagi dalam 2 jenis yaitu jenis Blorok biasa dan Blorok Madu. Karena memiliki tambahan kombinasi warna merah dan hijau, Ayam Bangkok Blorok Madu lebih banyak dicari ketimbang Blorok biasa.

Sekian pembahasan kami tentang Jenis-Jenis Ayam Bangkok Berdasarkan Ciri Warna Bulu, semoga bermanfaat untuk anda semua.