Mengenal Babon Unggul Dan Babon Cetak Serta Kelebihan Dan Kekurangan

Mengenal Babon Unggul Dan Babon Cetak Serta Kelebihan Dan Kekurangan

Mengenal Babon Unggul Dan Babon Cetak Serta Kelebihan Dan Kekurangan

AGEN SABUNG AYAM ONLINE – Mengenal Babon Unggul Dan Babon Cetak Serta Kelebihan Dan Kekurangan, Babon (Induk ayam) yang merupakan salah satu syarat yang wajib ada di tempat perternakan ayam aduan agar ayam aduan anda juga dapat menghasilkan keturunan ayam aduan juara.

Sebagai seorang bebotoh atau penghobi ayam aduan maka anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana ciri babon ayam yang berkualitas, dimana hal ini di ketahui agar dapat menyeleksi bibit-bibit ayam yang berbakat.

Perlu anda ketahui babon (Induk ayam) juga memiliki peran lebih penting dari pada ayam aduan pejantan. Selain itu ada perbedaan antara ayam pejantan dengan induk ayam, dimana perbedaannya adalah induk ayam lebih dominan untuk mewariskan gen terhadap keturunannya.

Pada umumnya terdapat 2 jenis babon ayam aduan yang akan lebih baik untuk di budidayakan yaitu jenis babon unggul dan babon cetak.

Mengenal Babon Unggul Ayam Aduan

Babon unggul adalah babon yang lebih dominnan jika di bandingkan dengan pejantan dalam menghasilkan keturunan, dengan kata lain anak ayam akan lebih dominan mewarisi gen induk ayam, baik itu dari ciri fisik, gaya bertarung, stamina, serangan dan mental.

Maka tidak heran jika para peternak ayam aduan yang sudah memiliki nama lebih suka menjual pejantan di bandingkan dengan menjual induk ayam di karenakan babon yang mereka miliki adalah babon unggul.

Lalu, bagaimana cara mengenali ciri babon unggul. Pada umumnya para bebotoh mengenali ciri babon unggul dengan melihat fisik, gaya bertarung, stamina dan mental lebih pantas memilih ayam aduan pejantan.

Tidak jarang juga para bebotoh melakukan seleksi babon dengan cara mengadu babon dengan babon lainnya, selain itu katurangan juga bisa menjadi acuan dalam memilih babon unggul yang berkualitas.

Kelebihan Dan Kekurangan Babon Unggul

Kelebihan dari babon unggul adalah sangat mudah untuk mengenali ciri fisik babon unggul, babon unggul juga bisa langsung di budidayakan tanpa kekhawatiran buruknya hasil keturunan serta dari struktur fisik dan teknik lebih bagus di bandingkan babon cetak.

Kekurangan dari babon unggul adalah sangat susah untuk mendapatkan keturunan yang mewarisi gen dari pejantan dan di perlukan juga uji dalam bertarung untuk menilai babon unggul dan tidak jarang pula babon menjadi rusak.

Kesimpulannya adalah jenis babon unggul lebih mempengaruhi keturunan dan sering kali kita lihat bahwa babon unggul di kawinkan dengna pejantan yang kurang bagus dan bisa menghasilkan anak ayam aduan yang berkualitas.

Mengenal Babon Cetak Ayam Aduan

Berbeda dengan babon unggul yang lebih dominan mewarisi gen terhadapa keturunannya, babon cetak ini adalah babon yang menghasilkan anakan yang lebih dominan menyamakan pejantan.

Jika di ibaratkan mesin maka babon cetak bisa di katakan sebagai salah satu mesin cetak (foto copy) dengan kata lain apabila di kawainkan dengan pejantan yang bagus maka akan menghasilkan anak yang bagus begitu juga dengan sebaliknya.

Lalu, bagaimana cara mengenali ciri babon cetak. Biasanya anak ayam terlihat lebih dominan mewarisi sifat induk ayam maka induk ayam termasuk salah satu kategori babon unggul. Kemudian jika anak ayam terlihat lebih dominan mewarisi sifat pejantan maka tentu induk ayam adalah babon cetak, pada umumnya terdapat 3 jenis babon cetak, seperti di bawah ini :

1. Babon Cetak Fisik

Babon cetak fisik yang lebih dominan menurunkan ciri fisik pejantan kepada keturunannya.

2. Babon Cetak Teknik

Babon cetak teknik yang lebih dominan menurunkan teknik ataupun gaya bertarung dari pejantan kepada keturunannya.

3. Babon Cetak Fisik Dan Teknik

Babon cetak fisik dan teknik lebih dominan menurunkan teknik dan ciri fisik dari pejantan kepada keturunannya.

Kelebihan Dan Kekurangan Babon Cetak

Kelebihan dari babon cetak adalah bisa mendapatkan keturunan dari ayam aduan yang sudah juara, begitu juga dengan ciri fisik dan teknik anak ayam yang bisa menyamakan pejantan, babon cetak juga sangat di cari-cari oleh banyak penghobi ayam aduan.

Kekurangan dari babon cetak adalah terutama sangat susah untuk di kenali ciri babon cetak yang sebenarnnya dan tidak bisa hanya di lihat dari ciri fisik saja, perlu adanya uji keturunan yang membutuhkan waktu yang panjang hingga para peternak bisa mengenali babon cetak dan mengambil kesimpulan dan harus menunggu hingga keturunan dewasa untuk menyimpulkan seekor babon cetak atau bukan.

Kesimpulannya adalah babon cetak akan sangat sulit untuk di temukan, kemudian tidak jarang juga para peternak ayam aduan melakukan uji keturunan seperti ini dan pasti memakan waktu cukup lama yang hasilnya tidak akan sesuai dengan harapan anda.

Demikianlah info menarik mengenai “Mengenal Babon Unggul Dan Babon Cetak Serta Kelebihan Dan Kekurangan” semoga bermanfaat bagi para pecinta dan penghobi bahkan para pembaca yang mencintai dunia laga sabung ayam. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya. Bagi anda yang ingin bermain sabung ayam online mari gabung bersama Agen Sabung Ayam