PENYAKIT AYAM SABUNG YANG MEMATIKAN DAN CARA MENGOBATINYA

Agen Sabung Ayam Online – Layaknya makluk hidup, Ayam sabung juga mempunyai jenis-jenis penyakit yang apabila terlambat menerima pengobatan, akan mengakibatkan kematian. Nah para pengemar ayam sabung dalam artikel kali ini Agen Sabung Ayam Online akan menjelaskan 5 jenis penyakit ayam sabung yang paling mematikan.

1 . TETELO

Jika ada ayam sabung atau unggas lainnya yang mengidap jenis penyakit ini, biasanya bisa di ketahui dengan adanya rasa sesak di bagian pernafasannya. Ayam sabung akan mengalami batuk, bersin, ngorok, stamina lemah, kotoran yang dikeluarkan akan berwarna merah, pusing dan berputar-putar.

Penyakit Tetelo ini dikarenakan oleh adanya Virus ND yang sulit untuk di tangani dan di obati pada ayam sabung. maka bisa di pastikan bahwa nyawa ayam tersebut tidak dapat tertolong lagi. Jalan pertama yang harus dilakukan yaitu dengan cara dibakar atau di kubur hidup-hidup ayam yang terjangkit penyakit tersebut.

Sebelum penyakit ini menyerang atau menularkan pada ayam sabung lainnya, sebaiknya kita langsung memberikan pencegahan dengan cara melakukan penyemprotan di area kandang atau bisa juga dengan cara memberikan Vaksin ND secara berkala.

2. BERAK PUTIH

Penyakit berak putih termaksud kedalam salah satu jenis penyakit yang bisa menular. Jika ayam sabung sudah terjangkit penyakit jenis ini, ayam sabung lain juga akan tertular dengan sangat cepat.

Ayam aduan yang terserang penyakit ini dapat di tandai dengan ayam mengluarkan kotoran yang berwarna putih, ayam tidak mempunyai nafsu makan, mengalami sesak nafas, bulu kotor dan kumal, serta sayapnya seakan menyentuh tanah, tergantung kebawah.

Salah satu cara untuk mencegah dan mengobati penyakit ini adalah dengan cara melakukan kebersihan peralatan dan juga kandang dengan melakukan penyemprotan dengan telatur. Untuk tata cara pengobatannya bisa menggunakan pemberian obat Trimein atau Tretraclor dengan dosis yang disesuaikan dengan petunjuk isi kemasan.

Jika ayam sudah terjangkit penyakit jenis ini dan sudah parah, cara satu-satunya adalah dikubur hidup-hiudp atau di bakar agar tidak mengakibatkan penularan kepada ayam lainnya.

3. BERAK DARAH

Penyakit berak darah, hampir sama dengan penyakit berak putih, ciri dan gejala yang di timbulkan pada ayam juga sama ditandai dengan mencret, nafsu makan menurun, sayap tergantung kebawah, bulu ayam kusam dan ayam mengigil kedinginan.

Cara untuk mencegah ayam terjangkit penyakit ini adalah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan juga peralatan juga kadangan ayam tersebut.

Cara untuk mengobati ayam sabung yang terserang penyakit ini adalah dengan menggunakan obat jenis Tetra Chlorine Capsule yang bisa kita berikan melalui mulutnya atau bisa juga dengan memakai Trisula Zuco, serbuk tablet di dalam dapat kita campurkan dengan air minumnya. Untuk dosis penggunaannya dapat mengikuti aturan dalam isi kemasan obat tersebut.

4. BRONKITIS

Penyakit yang satu ini dapat di bilang bisa menyerang diusia apa saja, baik ayam bibit ataupun ayam yang sudah dewasa. Penyakit jenis ini juga dapat menular, Ciri-ciri pada ayam yang terjangkit penyakit ini dapat di lihat dengan badan ayam terlihat lesu, lemah, bulu kotor dan kusam, ayam gemetar, sesak nafas, batuk, bagian lehernya agak mluntir atau memutar.

Cara mencegah dan mengobati jenis penyakit ini adalah dengan cara memberikan makanan yang cukup mengandung gizi serta pencegahan memberikan sebuah vaksin bernama Vaksin IB aktif. Dosis sesuai dengan isi kemasan dan cara pemberiannya dapat di berikan dengan cara meneteskan cairan pada mata atau hidung ayam.

5. CACINGAN

Cacingan pada ayam sabung juga sangat berbahaya jika kita terlambat memberi perolongan dan mengobatinya. Cacingan pada ayam disebabkan oleh lingkungan serta kandang ayam yang sangat kotor.

Ciri-ciri  ayam yang terserang penyakit ini adalah badan ayam menjadi kurus secara cepat, lesu serta lemah akibat kekurangan tenaga dan stamina. Cara mencegah dan mengobati penyakit ini adalah dengan cara membersihkan lingkungan sekitar kandang, peralatan serta kandang ayam.

Berikan pakan yang mengandung banyak gizi tinggi. untuk cara pengobatan kita bisa menggunakan obat cacing yang bernama Exitor, pagi sebelum ayam diberi makan, Dosis yang digunakan sesuai dengan isi kemasan.

By RN